Panduan Photoshop Dasar



Mari kita mulai dari awal untuk mengenal tool-tool apa saja yang ada di dalam Adobe Photoshop.
beberapa fitur dalam photoshop diantaranya:
A. Toolbox
B. Tool Option Bar
C. Menu
D. Status Bar

E. Berbagai jenis palette, yang aktif dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, history palette, dan layer palette
F. Palette Well (hanya tampak apabila resolusi layar di atas 800 x600)

Keterangan dari masing-masing tool:
1.1.A. Toolbox
Toolbox berisi berbagai macam tools yang digunakan untuk melakukan manipulasi image. Penjelasan singkat fungsi masing-masing tool pada Toolbox akan dibahas pada Bab 1.2.
1.1.B. Tool Option Bar
Hampir semua tool pada Toolbox memiliki options yang ditampilkan pada Tool Option Bar. Options tersebut digunakan untuk mengatur nilai parameter dari tool yang sedang aktif/dipilih.
Setelah nilai parameter pada tool option bar diubah-ubah (misalnya nilai Tolerance), kita dapat mengembalikannya lagi menjadi nilai default (nilai semula). Yaitu dengan klik icon yang ada di bagian paling kiri tool option bar, kemudian klik tombol . Pada context menu yang muncul, pilih Reset Tool untuk mengembalikan nilai default dari tool yang sedang dipilih. Apabila inginmengembalikan nilai default semua tools di toolbox, pilih Reset All Tools.
Apabila ingin menyembunyikan/menampilkan Tool Option Bar, Pilih Menu Window, kemudian klik pada item menu Options untuk menghilangkan atau mengaktifkan tanda checknya.
Menu
Berikut adalah menu-menu yang terdapat pada Adobe Photoshop 8.0:
1. File Berkaitan dengan file seperti menyimpan, membuka, export, import, dan cetak.
2. Edit Berkaitan dengan editing secara umum seperti cut, copy, paste, transform image, serta untuk mengatur preferences Adobe Photoshop.
3. Image Berisi editing image untuk mengatur warna, hue/saturation, brightness/contrast, ukuran, dsb.
4. Layer Berkaitan dengan manajemen layer pada image, seperti menambah layer, menghapus, menambah efek pada layer, serta masking.
5. Select Berkaitan dengan selection image.
6. Filter Berisikan filter-filter yang terinstall pada Photoshop yang dapat digunakan untuk memberi efektertentu pada image.
7. View Digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image, menampilkan skala, dan sebagainya.
8. Window Digunakan untuk pengaturan window
9. Help Digunakan untuk menampilkan help Adobe Photoshop.
1.1.D. Status Bar
Status bar berisikan keterangan mengenai tool di toolbox yang sedang aktif, serta keterangan image yang sedang aktif. Status bar pada Photoshop dapat ditampilkan/disembunyikan dengan memilih menu Window > Status Bar.
1.1.E. Palette
Palette Photoshop berguna untuk memudahkan dalam navigasi maupun editing image. Untuk menyembunyikan/menampilkan palette, digunakan menu Window, kemudian pilih palette yang ingin disembunyikan/ditampilkan.
1.1.F. Palette Well
Palette well digunakan untuk memudahkan dalam pengaturan palette. Namun palette well hanya tersedia jika resolusi layar lebih besar dari 800 x 600 (resolusi minimal yang disarankan adalah 1024 x 768).
Apabila suatu palette diletakkan di palette well, maka palette akan bersifat tersembunyi. Ketika title dari palette diklik, barulah palette akan ditampilkan. Jika area di luar palette di klik, maka palette tersebut akan tersembunyi kembali.
Untuk menyimpan palette ke dalam palette well, seret (drag) tab palette ke dalam palette well hingga palette well ter-highlight

*Semoga Bermanfaat*

Respons Anda??? :

Posting Komentar

 
Support By: Kopi Irenk | Banyu Urip Alit | NEON III
Copyright © 2012. Lini Edukasi - All Rights Reserved
Graphic Edited by V-Sett
Proudly powered by Blogger